aktivitas malam

wiji_tukul: selamat malam
najib_ak10: slamat malam juga
wiji_tukul: saya melihat anda di puitika
wiji_tukul: apakah kewajaran dalam berjalan?
najib_ak10: oia, gimana ngeliatnya..? he..he..
wiji_tukul: geliat apa?
najib_ak10: ngeliat saya?
wiji_tukul: oh di puitika kan dapat di lihat yang online siapa?
najib_ak10: ya..yaa
wiji_tukul: di yahoo groups puitika
wiji_tukul: terus
wiji_tukul: senang puisi juga mas/mbak
najib_ak10: ya..
najib_ak10: dulu bgt
wiji_tukul: oh gitu
najib_ak10: sekrang mu mulai lagi
wiji_tukul: oh, semangat!
najib_ak10: ko mas/
wiji_tukul: puitika.net seperti oase
najib_ak10: saya juga sering lihat di puitika. mas dah lama nugkrong di sana ya
najib_ak10: /
najib_ak10: ?
wiji_tukul: yah sekitar beberapa bulan yang lalau
najib_ak10: oh..saya lihat cukup aktif
najib_ak10: klo boleh tau apa motivasi mas berpuisi?
wiji_tukul: boleh di bilang, aku hanya mengeluarkan sumpah serapah saja dalam kata
wiji_tukul: kadang mengikuti irama hati
wiji_tukul: anda?
najib_ak10: mnkn ada kpuasan ato apa?
wiji_tukul: yup
wiji_tukul: sebuah karya, akan terasa ketika terekspresikan dan di apresiasikan
najib_ak10: ya semacam itu lah sbb menurut saya itulah hati saya
najib_ak10: btw mas asli mana?
wiji_tukul: saya sangat memberikan apresiasi kepada orang-orang yang berekspresi
wiji_tukul: asli dr sukabumi – jawa barat
wiji_tukul: tapi sudah menetap di lampung
wiji_tukul: eh tadi itu mas/mbak? maaf kalo salah sebut
najib_ak10: oh
najib_ak10: saya mas
wiji_tukul: dari mana mas?
najib_ak10: itu nama saya yg ada di puitika
najib_ak10: klo u mas/mbak?
najib_ak10: saya asli situbondo jawatimur
wiji_tukul: saya abah
wiji_tukul: panggil saja abah oryza
najib_ak10: skrg kuliah di surabaya
wiji_tukul: oh, ngambil apa?
najib_ak10: ohh
najib_ak10: oche aba
najib_ak10: ushuluddin di iain sunan ampel
wiji_tukul: ushuluddin itu tentang apa?
wiji_tukul: kok bisa mampir di puitika?
najib_ak10: tafsir hadis
wiji_tukul: pernah baca fadhilah amal karya Maulana Muhammad Zakariya Al-kandahlawi Rah.a
najib_ak10: sy di puitika sbb sjk dulux suka corat-coret meski kadang saya sendiri kurang tau yang sedang ditulis he..hee.
najib_ak10: gak pernah ba..mang ada apa disana?
wiji_tukul: kan belajar tafsir hadist
wiji_tukul: mungkin kalo sudah baca bisa diskusi
najib_ak10: baru 1 tahun n
wiji_tukul: gmn pendapatnya menurut tinjauan tafsir hadist
wiji_tukul: nama kitabnya
najib_ak10: ooo
najib_ak10: tinjauan apa ba?
wiji_tukul: FADHILAH AMAL karya Maulana Muhammad zakariya Al-Kandahlawi Rah.a
wiji_tukul: bukan ba tapi bah/abah
najib_ak10: sy saja br dengar tuh maaf bah
najib_ak10:
wiji_tukul: he… gpp kok
wiji_tukul: yah, nanti-nanti kalo ketemu dengan kitab itu, kita bisa diskusi
wiji_tukul: online nih?
wiji_tukul: dimana?
wiji_tukul: maksusnya pake apa?
najib_ak10: insyaallah bisa
najib_ak10: terserah abah
najib_ak10: dimana enaknya
najib_ak10: sy kurang bgt tau jg
wiji_tukul: yah bisa, saya sering nongkrong di http://abahoryza.blogspot.com
wiji_tukul: atau di http://lampung24hours.blogspot.com
wiji_tukul: ng-net dimana mas?
najib_ak10: di warnet
wiji_tukul: oh
najib_ak10: mang nya abah dirumah ya?
wiji_tukul: di lab
najib_ak10: lab apa? di lembgya?
wiji_tukul: di laboratorium
wiji_tukul: kebetulan ada acces internetnya
wiji_tukul: saya setiap malam, kadang-kadang kalo lagi nggak sibuk
wiji_tukul: tapi kadang-kadang sibuk di Bengkel Jurnalisme di Bandar lampung
najib_ak10: kok ngertii karya maulana muhammad zajkariah? tentang fadhilah2, dulu pernar belajar ato gmn?
wiji_tukul: saya punya kitabnya
wiji_tukul: dan isinya menurut saya bagus
najib_ak10: ooh
wiji_tukul: tapi kan menurut ke-awam-an saya
wiji_tukul: saya tak paham hadist, tapi kok enak bacanya dan kerasa di hati
najib_ak10: yaa kr2 apa diantaranya? (bagi2)
wiji_tukul: sebagian bisa di lihat di http://abahoryza.blogspot.com itu saya upload 2 hadist yang ada penjelasannya, tapi tentang fadhilah ramadhan
wiji_tukul: kitab itu merupakan kumpulan dari 7 kitab yang disusun oleh maulana tadi
wiji_tukul: banyak di jadikan referensi untuk ta’lim di banyak mesjid di dunia
najib_ak10: kr2 hadis tentang apa aja ya n tebalnya kr2 brp hal?
najib_ak10: insyaallah akan sy cari di perpus
najib_ak10: anu abah mnkn abah suka baca ya..?
wiji_tukul: yah
wiji_tukul: oh, tapi saya nggak yakin kitab itu ada di perpustakaan
najib_ak10: baca buku..ya. klo baca diri gmn?
wiji_tukul: ha… ha…
wiji_tukul: tentu dengan banyak baca buku, bisa menjadi bahan buat kita untuk membaca diri
najib_ak10: o iya ya.?
najib_ak10: anu bah sy kklo ada masalah yg sifatnya ttg hal smcm itu bleh gak discus ma abah?
wiji_tukul: boleh, tapi nggak terlalu menguasai sih
najib_ak10: oke
wiji_tukul: sudah semester berapa?
najib_ak10: klo di sby sini sy sulit cari tman.
wiji_tukul: cari teman dimana saja
wiji_tukul: di internet lebih bagus
wiji_tukul: saya banyak temen di internet
wiji_tukul: dari berbagai kalangan
wiji_tukul: wawasan terbuka
najib_ak10: msh semester 3
najib_ak10: sy sulit tuk bersosialisasi
najib_ak10: ya sy kr bgt
wiji_tukul: sulit ber sosialisasi?
wiji_tukul: kenapa?
najib_ak10: ya anu bah sy sbnrnya terkejut hidup di sby
najib_ak10: dulunya kan saya ada di pondok skitar 6 thn
wiji_tukul: oh
wiji_tukul: gpp
najib_ak10: khidupan 90% brbeda
wiji_tukul: waktunya kita harus tahu dunia sebenarnya
najib_ak10: ya..ba
wiji_tukul: kalo di internet, coba surfing tentang blog
wiji_tukul: di situ kita banyak kawan, banyak informasi dari yang islami sampai tidak islami sama sekali, bahkan yang benci pada islam
najib_ak10: oh ya
wiji_tukul: di blog kita bisa liat kebebasan sebenarnya
najib_ak10: sy mrs hidup di sini brubah dr wkt di pondok.
wiji_tukul: masuk ke site-nya http://enda.goblogmedia.com , di situ ada referensi berbagai hal
wiji_tukul: yah saya pernah juga mondok
wiji_tukul: tapi cuman santri kalong
wiji_tukul: waktu masih kecil
najib_ak10: oh .
najib_ak10: maksunya kalong
wiji_tukul: jadi nyantrinya malam aja
najib_ak10: ooh
wiji_tukul: kalo malam kita di pondok belajar agama, tapi besoknya pulang kerumah untuk sekolah dan aktivitas lainnya, kemudian malamnya balik lagi ke pondok
najib_ak10: abah sy mu tny, gmn crx suka tuk baca , kr2 buku apa dulu? sbb jujur sy kurang tahan klo baca
wiji_tukul: wah tergantung minat
wiji_tukul: sering diskusi dengan orang
najib_ak10: klo abah dulu mulainya dr buku2 ttng apa?
wiji_tukul: kalo banyak diskusi dan kurang baca, kita kan minder
wiji_tukul: saya senang baca sastra
wiji_tukul: cerpen, novel, puisi,
najib_ak10: ya sy lebih suka diskusi,sbb mnrt sy lebuh banyak dapatnya
najib_ak10: ooh
wiji_tukul: diskusi tanpa baca buku, tidak berisi
wiji_tukul: kan dalam ayat juga “iqra, bacalah dengan nama tuhanmu”
wiji_tukul: saya rasa banyak hal yang dapat kita baca
wiji_tukul: sehingga, ketika kita diskusi akan jauh berbobot dan mendasar
najib_ak10: tp kadng sy ngerasa gini, tuk apa baca karya sastra orang, itu sring hantui piiran
najib_ak10: pikiran lbh baik baca yg lain ,yg ini lah yg itu
najib_ak10: bingung
wiji_tukul: harus punya pondasi dulu
najib_ak10: maksudnya?
wiji_tukul: pondasi itulah yang akan menuntun kita, apakah itu baik buat kita atau malah berbahaya
najib_ak10: maksud pondasi? apa sperti keimanan ato apa..?
wiji_tukul: bukan hanya keimanan
najib_ak10: trus apa ? apa sperti buku2 pengantar? klo kt2 tmn2 disini bacalah “buku pengantar” pa mang bgt ya ?
wiji_tukul: sudah pernah baca buku imam al-gozali
najib_ak10: yg apa?
wiji_tukul: tentang keraguan adalah awal dari kebenaran
wiji_tukul: skeptis = keragu-ragun terhadap hal baru
najib_ak10: blum he..he..
wiji_tukul: tetapi tidak menjadi apatis = tidak peduli
najib_ak10: oohh
wiji_tukul: ketika kita skeptis, maka kita akan berusaha mencari kebenaran
wiji_tukul: sebagaimana seorang jurnalis
wiji_tukul: dia tidak akan begitu saja mempercayai sumber berita, atau fakta yang ada
wiji_tukul: ia akan mencari fakta lain di balik berita
najib_ak10: sy kurang paham mksd fakta di balik berita
wiji_tukul: misalnya ada kebakaran
wiji_tukul: seorang jurnalis yang skeptis
wiji_tukul: atau seorang muslim yang mencari kebenaran
wiji_tukul: tidak akan percaya begitu saja
wiji_tukul: benarkah itu kebakaran
wiji_tukul: atau sengaja di bakar
wiji_tukul: kalo sengaja, kenapa?
wiji_tukul: pasti ada something wrong?
najib_ak10: o
wiji_tukul: misalnya di sebuah kantor terjadi kebakaran, ketika pihak kepolisian memeriksa, sang empu-nya kantor bilang “ini gara-gara arus pendek”
wiji_tukul: seorang yang skeptis akan mencari tahu
wiji_tukul: misalnya di dapat informasi bahwa kantor itu seminggu lagi akan di periksa oleh BPK
wiji_tukul: dan pada saat diperiksa, ia berdalih bahwa data hilang dan angus gara-gara kebakaran
najib_ak10: ya wah ini ssuatu yg baru bagi saya,
wiji_tukul: ketika dirunut, dan mengecek beberapa hal ke personal yang ada di lingkaran kosentris (yang berhubungan dengan kejadian)
wiji_tukul: ternyata di ketahui bahwa, si pejabat itu data-datanya banyak yang tidak jelas (mengarah ke tindakan penyalah gunaan)
wiji_tukul: dsb
najib_ak10: sy plong ttg berpikis sperti itu
wiji_tukul: saya belajar dari pergaulan dengan wartawan di lampung
najib_ak10: mnkin sy apatis ya.. sbb kdng tak peduli gitu
wiji_tukul: dan sering baca juga
najib_ak10: ya..insyaallah
wiji_tukul: Ngomong apa sih?
wiji_tukul: kalo kita kurang baca, pada saat kita ngomong, orang akan bilang
wiji_tukul: Ngomong apa sih?
najib_ak10: makasih pencerahannya
wiji_tukul: sampai pagi?
wiji_tukul: atau just brows
najib_ak10: he..he..
najib_ak10: gak sampe pagi, just datangi undangan teman yg bikin milis
wiji_tukul: oh, gitu
wiji_tukul: milis apa?
najib_ak10: mangnya abah mu sampe pagi
najib_ak10: ?
wiji_tukul: saya biasa mengawali aktivitas sore, malam sampai pagi
wiji_tukul: terus pulang
wiji_tukul: istirahat
wiji_tukul: jam 10an baru beraktivitas lagi
najib_ak10: tmn angkatan. milis baru jadi.
najib_ak10: ya begitu lah
najib_ak10: hee..hee..
wiji_tukul: milis tentang apa?
najib_ak10: tadinya maunya ngadiri acara caknun. e malah ditinggal ma tmen trus ktimbang kosong ngunjungi milis
najib_ak10: milis tuk temu kangenan juga tukar pgalaman. kbetulan yg buat tmn2 yg di mesir
wiji_tukul: saya punya temen di mesir
wiji_tukul: site nya di http://kamarhanara.blogspot.com
najib_ak10: kuliah?
wiji_tukul: iya
wiji_tukul: dia pimred juga di buletin
najib_ak10: sama tmn2 sy juga kul
wiji_tukul: ikut kegiatan kampus?
najib_ak10: klo organisasi ngak
najib_ak10: msh hny kul saja
najib_ak10: inginnya stlh hari raya ikut juga tp entah apa
wiji_tukul: coba ikuti kegiatan2, minimal remaja mesjid, atau pengajian pemuda
wiji_tukul: asal jangan organisasi politik
wiji_tukul: terlalu rentan
najib_ak10: ya mringis klo politik apalagi di sini sprtx kental aroma politik
najib_ak10: dah dulu ya bah
wiji_tukul: oke dech
najib_ak10: trima kasih mu diskusi ma sy
wiji_tukul: saya bisa di kunjungi lewat weblog
najib_ak10: kt sambung kpn2
wiji_tukul: yang tadi
najib_ak10: oche
najib_ak10: wassalammu alaikum
najib_ak10: doain sy bah
wiji_tukul: wa alaikum salam wr wb
wiji_tukul: sama-sama
wiji_tukul: saling mendoakan