Apakah Warnet Anda Sehat?

Sebuah pertanyaan yang mungkin asing bagi anda, apakah Warnet yang anda kelola Sehat? emang warnet yang sehat itu gimana?.

Baru – baru ini Pengurus Awari (Asosiasi Warnet Indonesia) seperti dilansir detikcom mengklaim bahwa sekitar 400an anggotanya telah menjadi Warnet yang Sehat. Terus, apa sih Warnet yang sehat menurut verssi AWARI?

Berikut ciri-ciri warnet yang sehat menurut AWARI :
1. warnet yang sehat secara bisnis;
2. secara legalitas dan;
3. tentu saja secara konten yang diakses

Selanjutnya dijelaskan bahwa warnet yang sehat secara bisnis adalah warnet yang bisa mandiri dan mampu menemukan konsep bisnis dengan kemampuan menopang keberlanjutan bisnis, sehat secara legal artinya warnet tersebut memiliki aspek legal suatu usaha dan apek legal operasional (termasuk OS dan Software), dan sehat secara konten yang diakses adalah kemampuan memfilter akses kontent berbahaya seperti fornographi dan tata letak warnet yang terbuka.

Dari sini saya melihat bahwa warnet yang sehat yaitu yang kreatif, tidak hanya mengandalkan pemasukan dari konsumen, mampu memberikan pelayanan purnajual serta bisa mengembangkan diri dalam hal diversifikasi bisnis. Hal ini mengikuti aspek sehat secara bisnis, yaitu mampu menopang keberlanjutan bisnis warnet yang justru sekarang punya ketergantunga pada divisi games online. Warnet yang kreatif misalnya mampu menangkap peluang2 di dunia maya yang penuh kesempatan bisnis seperti menjadi tempat training blog, bisnis online, memfasilitasi transaksi online bahkan menjadi media informasi.

Sebagai Warnet yang sehat dari segi legalitas, sepertinya upaya penggiat linux perlu mendapat apresiasi, sehingga memberikan kesempatan warnet menjadi legal secara operasional. Juga perlunya pendampingan atas legalita usaha sehingga diakui secara hukum sebagai badan usaha.

Secara Konten sudah jelas terperinci diatas, apakah ada tambahan dari anda? atau apakah anda merasa warnet anda belum sehat?

2 Comments