Bisnis Warnet, tantangan dan harapan pengembangan di daerah

ilustrasi – suasana nyaman di sebuah warnet adalah idaman

Bisnis Warnet yang sedang saya jalani ternyata menjadi pelajaran bisnis yah ketika memulai usaha sendiri dengan berkreasi sendiri. Dengan modal 10 juta saya olah menjadi sebuah mini warnet dengan jumlah pc 3, printer satu dengan konsep layanan manual dan duduk lesehan.

Konsep warnet yang terbuka sengaja saya gulirkan sebagai cara untuk menjaga kegiatan warnet tetap “sehat” dan kekhawatiran orang tua cukup terjaga dan curiga. Warnet ini memang saya usahakan dengan manajemen pribadi dan kurang begitu profesional.
Selama hampir satu tahun berjalan, pemasukan warnet masih dalam kategori cukup untuk biaya operasional dan membiayai pengeluaran pulsa dan bensin pribadi, lainnya bisa dibilang tidak terlalu menguntungkan untuk sebuah bisnis. Dengan pendapatan sehari hari antara 30 – 100 ribu dengan rata-rata 50 ribu per hari berarti didapatlah pendapatan rata-rata 1,5 juta per bulan. Biaya operasional listrik sekitar 200 ribu, speedy 350 ribu dan bayar beberapa cicilan sekitar 500 ribu, sehingga kebagian sisa saldo bersih 500 ribu.
Ada beberapa ide yang coba saya pikirkan bagaimana mengolah warnet ini, sistem member yang bisa menghemat bagi konsumen 17,5 %, yaitu harga normal warnet 4000/jam saya berikan harga member 3300/jam. Harga member itu saya olah menjadi paket 10.000 per 3 jam yg terbagi dalam 6 kotak cecklist per setengah jam di kartu member untuk bisa digunakan kapan saja. Alhamdulillah cara tersebut cukup menarik bagi pengunjung sehingga ada beberapa langganan setia yg daftar member, sementara itu harga member tetap gratis.
Paket Malam 10.000 / 9 jam ternyata belum menuai rizki, dikarenakan budaya ngenet malam hari belum masuk budaya diperkampungan seperti tempat warnet saya exist. padahal andai paket ini jalan, konsumen bisa berhemat sampe 6 jam, dan saya mendapat tambahan penghasilan dari 3 unit pc 30 ribu permalam dari mana biasanya tak tergunakan untuk saat malam.
Pengembangan lain yg masih menunggu adanya tambahan modal yaitu penambahan unit 3 PC, saya maksudkan untuk menggenjot pemasukan unit perjam, sehingga bisa leluasa mempromosikan paket hemat 10 ribu 3 jam dan bisa mencoba menggulirkan kegiatan – kegiatan kursus komputer dan Internet di Daerah.
One Comment