Blog dalam Sistem Informasi Kesehatan (bahan kuliah)

Kenapa Blog


Blog bersifat independen, berpengaruh secara global, murah bahkan gratis, eklusif karena dari sudut pandang personal, mudah bahkan untuk orang awam sekalipun.

Fakta Informasi


Siapa Menguasai Informasi? Apa yang terjadi bila di jajah secara informasi? Bagaimana cara menguasai informasi? Apa manfaat informasi?


Kekuatan Kata


Bagaimana mengubah dunia? Bagaimana mengubah dengan kata?


Kualitas Data

Bagaimana mengubah Data informasi Kesehatan agar lebih berkualitas, bagaimana mendapatkan informasi Kesehatan yang berkualitas, Apa pentingnya data informasi kesehatan.

SIK merupakan Sarana Penunjang pelayanan kesehatan, Informasi sebagai pendukung pengambilan keputusan, Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi kesehatan merupakan sebuah sarana sebagai penunjang pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat. Sistem informasi kesehatan yang efektif memberikan dukungan informasi bagi proses pengambilan keputusan di semua jenjang, bahkan di puskesmas atau rumah sakit kecil sekalipun. Bukan hanya data, namun juga informasi yang lengkap, tepat, akurat, dan cepat yang dapat disajikan dengan adanya sistem informasi kesehatan yang tertata dan terlaksana dengan baik (SIKKotaSemarang)


Hardware, Software dan Brainware

Menurut Blog SIK Kota Semarang, Sistem informasi yang berbasis komputer maka minimal tidak terlepas dari 3 hal, yaitu ketersediaan Hardware, Software dan Brainware. Mengenai penyediaan hardware, secara bertahap harus berusaha menyediakan fasilitas ini baik kepada Puskesmas maupun kepada Dinas Kesehatan sebagai salah satu bagian pengelola SIK. Namun demikian juga perlu didasarkan kepada ketersediaan dana yang dialokasikan, dan ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak.

Berkaitan dengan penyediaan software, perlu dipahami bersama bahwa software merupakan bagian dari SIK. Maka diperlukan proses analisa perancangan software yang matang. Mengingat kebutuhan akan integrasi data pada masing-masing komponen kegiatan. Terlepas apakah nantinya software yang diperlukan adalah produk jadi atau merupakan hasil pengembangan dari awal. Pengalaman yang telah terjadi, terdapat suatu software yang ternyata seiring berjalannya waktu tidak bisa diintegrasikan dengan perkembangan software-software lain yang ada.

Minimnya tenaga kesehatan yang secara purna waktu mengelola data SIK, juga menjadi kendala. Alasan seperti over beban pekerjaan,  tidak bisa komputer, sampai umur menjadi suatu hal yang sering dikeluhkan oleh tenaga kesehatan yang ada. Namun demikian upaya upgrading ilmu tentang SIK harus terus dilakukan, setahap demi setahap. Dan perlu juga dilakukan upaya me-refresh komitmen bagi para pemangku kebijakan terhadap kelangsungan dari SIK

Optimasi Desain
Ketika berbicara tentang desain, umumnya kerap dihubungkan dengan desain antarmuka (front-end). Yah, sebuah tampilan dari baris markah yang dipertunjukkan oleh layar peramban, sehingga tidak lebih dari sekedar tampilan grafis yang dimaknai dengan sekumpulan kode-kode. Apabila hal ini berkelanjutan — mungkin menjadi sebuah #trending topics — maka jangan terkejut, jika kelak desain yang diartikan seperti tersebut di atas akan tidak bisa diakses oleh suatu peralatan tertentu.
Blog merupakan catatan di web yang tersusun oleh posting/artikel, biasa diurut berdasarkan akhir sampai awal penerbitan. Umumnya sebuah blog merupakan media berbagi, dimana pengelola, penulis, & pengunjung saling berinteraksi. Mungkin pula interaksi tersebut berjalan satu arah, penulis menerbitkan posting/artikel, sedangkan pengunjung cuma mencerna isinya, tanpa perlu ada aksi tertentu. Desain blog berisi karakter unik — HTML,XHTMLCSSJSPHP, dan sebagainya — tergantung pada mesin blogger yang mendukungnya. (Sumber)
Optimasi Content

Dapat kita ambil generalisasi dengan detail sebagai berikut: Konten seharusnya unik, nyaman dibaca, & mudah dipahami oleh pengguna untuk mengantisipasi atau mengurangi celah kesalah-pahaman. Ketika kita telah memilih sebuah topik, tetapkan pengorganisasian isi konten agar selalu terkait dengan topik tersebut. Dan jangan lupa memprioritaskan untuk kemudahan pengguna, bukan untuk indeks mesin penelusur.

Teks jangkar yang singkat, tepat, dan deskriptif akan memberikan pengalaman yang positif bagi pengguna serta indeks yang baik bagi mesin penelusur untuk menyampaikan isi terkait. Begitu pula apabila kita dapat memberikan pembeda yang jelas antara teks biasa & tautan teks, sehingga hal-hal yang kurang/tidak diinginkan dapat diminimalisasi.

Lengkapi dengan atribut alt, apabila menggunakan media gambar sebagai tautan dan/atau isi konten dalam tubuh HTML (Hypertext Markup Language). Ini tidak termasuk gambar yang dikonfigurasi sebagai nilai dari suatu properti pada CSS (Cascading Style Sheets).

Pergunakan tag heading secara tepat untuk menekankan bahwa teks adalah benar-benar penting dan merepresentasikan struktur halaman.

Mencoba keluar dari zona orang IT, mencoba menyelami dunia kesehatan sehingga bisa ditemukan benang merah dengan teknologi informasi. Setidaknya, bagaimana memunculkan kebutuhan sistem informasi bagi dunia kesehatan dalam lingkup paling sederhana. Kesederhanaan juga merupakan poin penting agar si mahasiswa tidak dibawa terbang tinggi dari sebuah informasi SIK, dan mencoba di terjemahkan dalam kebutuhan real pentingnya sistem informasi kesehatan. (Sumber)

Dikaitkan dengan Blog, bahwa informasi kesehatan itu perlu di bangun sejak dini oleh mahasiswa di kampus, selain saat menerima materi-materi kesehatan, maupun saat mereka menemukan berbagai masalah dalam mempelajari ilmu-ilmu kesehatan baik dari literatur maupun saat menemukannya melalui pengamatan di lapangan. Kenapa blog?  karena terus terang utk menuliskan dalam sebuah laporan yang ilmiah kadang justru jadi beban tersendiri bagi mahasiswa yang sangat tidak terbiasa dalam dunia literasi.


Dengan blog, diharapkan ada unsur menyenangkan dalam memproduksi informasi kesehatan yang selama ini dianggap serius dan harus ilmiah. Disini bisa dibilang memproduksi informasi kesehatan dengan sudut pandang yang lebih ngepop, harapannya sih itu. setidaknya, saya mencoba akan menyampaikan hal ini kepada mahasiswa di pertemuan selanjutnya agar mahasiswa tidak terlalu bingung, kenapa harus belajar ngeblog bagi mahasiswa kesehatan melalui mata kuliah Sistem Informasi Kesehatan. (Sumber)