Blogilicious Milad Jakarta

Blogilicious Milad Jakarta Poster

Blogilicious Milad Jakarta merupakan Rangkaian idblogilicious terakhir yang digelar IDBlognetwork yang digelar sejak 14 Mei di Surabaya yang dan berakhir di jakarta ini. Dipelopori oleh idblognetwork, Roadblog 2011 Blogilicious bukan hanya ajang kumpul para blogger se-Indonesia namun juga mempertemukan para blogger dengan advertiser/brand. Diselenggarakan untuk pertamakalinya, Roadblog 2011 Blogilicious membuka wawasan, dimensi, dan peluang baru dalam dunia blogging serta mensosialisasikannya secara intensif. Roadblog 2011 Blogilicious diadakan di tujuh kota besar di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, Jogjakarta, dan Palembang.

Sejatinya saya ikut mulai hari pertama tgl 25 Juni kemaren, namun karena saya kesiangan bangun akhirnya saya memutuskan dateng dihari kedua sekaligus menghadiri Milad (ulang tahun) komunitas blogger depok (deblogger).
Lokasi Blogilicous Milad Jakarta



Berbekal info dari mas bradley dari Deblogger, dan info acara di idblogilicious di facebook maka saya berangkat kemaren 25 Juni 2011 saya berangkat menuju bogor agar tidak terjadi kesiangan yang kedua kalinya, kebetulan saya punya kawan yang bisa dijadikan tempat transit klo saya ke Jakarta.

Ke Jakarta bukan kali pertama sebetulnya, namun jujur saya selalu kelimpungan dan tersesat (minimal merasa tersesat :p ). Melalui jejaring sosial ternama didunia dengan 140 baris yang cerewet, saya mention beberapa kali mas bradley agar saya tidak tersesat, juga tak lupa menunggangi acount twitter bisnis saya (@SukabumiToday ) untuk bertanya access ke Jakarta via Bogor.
Lokasi di bilangan Kebayoran Baru samping kampus terkenal Al Azhar, saya turun di depannya melalui Kopaja 66 Manggarai – blok M setelah sebelumnya menyusuri Rel dengan KA Ekonomi Bogor – Jakarta. 
Kriteria Peserta Blogilicious Milad Jakarta

Masuk ke ruangan di lantai 8 Gedung Telkom kebayoran Jakarta Selatan, saya di sambut mas iman dari deblogger yang sudah saya kenal sejak lama :). Mas Bradley yang sejak malam memandu dan mengundang saya untuk acara Blogilicious Jakarta dan Milad Delogger ini sudah senyum-senyum menyambut saya dengan hangat, lalu duduklah saya dengan manis dibaris kedua biar nyaman untuk duduk santai sambil ngeblog (padahal posting terakhir lama banget, demi blogilicious dan milad deblogger ini saya posting lagi :) makasih ya dah membuat saya ngeblog lagi hehehe).

Materi Blogilicious Milad Jakarta

Hari pertama kegiatan Blogilicous Milad Jakarta memang saya tidak mengikuti karena terus terang pada saat itu kesiangan bangun (halah :p) tapi, saya tetep ingin berbagi dari sumber terpercaya yaitu pemateri di acara hari H tersebut.

Tarian Betawi pada Blogilicious Milad Jakarta

Menurut yang saya baca dari Blog Daeng Amril Tg tentang cerita Blogilicous Milad Jakarta bagian pertama, Acara dimulai pada pukul 09.30 pagi, acara dibuka dengan didahului tarian tradisional khas Betawi berupa hentakan irama Gambang Kromong modern dengan disertai tarian empat penari.Setelah itu giliran Iman Sulaiman, Ketua Panitia Penyelenggara Blogilicious menyampaikan kata sambutan Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Chief Technical Officer IDBlognetwork, Kukuh TW sebagai pihak yang menginisiasi kegiatan Blogilicious di tujuh kota. Setelah itu, ada pemutaran video pelaksanaan Blogilicious di kota-kota sebelumnya yakni di Makassar, Palembang dan Medan. (sumber Blog Daengbattala.com)

Risa Amrikasari – Etika Ngeblog

Masih dari cerita Daeng Amril, Acara Blogilicious Milad Jakarta dibuka dengan sesi pertama yakni Etika Blogging dan Tips Blogging. Dipandu oleh Anjari Umarijanto tampil sebagai pembicara pertama Risa Amrikasari yang membawakan materi Etika Blogging. Risa, Penulis beberapa buku dan praktisi di bidang HAKI ini dengan sangat memikat dan interaktif membawakan materinya. Ia mengajak para peserta menyampaikan argumentasi tentang bagaimana ngeblog yang beretika. (Sumber Daeng Battala.com)

Dari Hasil diskusi diatas, Didapat beberapa kesimpulan berupa 12 kesepakatan etika ngeblog yang Daeng salin dan bisa juga kita lihat di Artikel yang ditulis Mbak Risa Amrikasari di Blog Personalnya. Hasil rangkuman tersebut bisa kita lihat dibawah ini :

  1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
  2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.
  3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
  4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
  5. Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.
  6. Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.
  7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
  8. Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
  9. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.
  10. Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.
  11. Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
  12. Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog. (Sumber PerempuanIndonesia.Org)

Setelah Materi Mbak Risa yang cantik dan mirip orang amerika banget (hehehe padahal lihat fotonya doang di FB soalnya dah jadi temen nih :p ) dilanjut oleh Daeng Battala yang menjadi Pemateri seperti dilaporkan blogger terkenal Isnuansa dalam blognya yaitu tentang Tips Blogging. Isnuansa memaparkan bahwa : “Saya kebagian materi Amril Taufiq Gobel yang menyampaikan tips-tips bloggingnya dipandu @Anjarium. Salut dengan pencapaian @Amriltg yang konsisten ngeblog sejak 8 tahun lalu, dan sederet prestasi yang membanggakan seperti tulisannya yang dibukukan, disinetronkan, beberapa award dan kini aktif menjadi kontributor di Yahoo OMG. (Isnuansa.Com)

Setelah Daeng Amril TG dan mbak Risa tampil, giliran materi Mobile Blogging dibawakan oleh praktisi Telekomunikasi mas Kuncoro Wastuwibowo.. Materi yang disajikan tak kalah menarik karena memberikan pencerahan bagi peserta tentang bagaimana menggunakan perangkat mobile device untuk ngeblog.

Seusai istirahat tampil mas Nukman Luthfie, CEO Virtual Consulting yang membawakan materi Sosial Media. Dengan gaya yang santai dan kocak, mas Nukman berhasil menyegarkan suasana. Para peserta tertawa terpingkal-pingkal mendengarkan sajian materi mas Nukman yang dipaparkan secara memikat dan lucu.

Setelah itu tampil mantan Duta Besar Indonesia untuk Polandia, pejabat di Kemenlu RI dan juga seorang Blogger, Hazairin Pohan menampilkan materi tentang Sosialisasi ASEAN Blogger Community. Pak Pohan memaparkan kepada para peserta Blogilicious tentang kehadiran komunitas Blogger ASEAN chapter Indonesia yang dideklarasikan pada tanggal 10 Mei 2011 lalu.

Materi berikutnya disampaikan oleh Pak Julian Gaffar dari Berniaga.com–salah satu sponsor Blogilicious 7 kota–yang menyajikan materi profil situs jual beli online itu kepada peserta. Pak Julian juga menyatakan bahwa sudah bermitra bersama IDBlognetwork untuk memasang iklan CPA (Cost Per Action) sejak awal minggu lalu.

Mas Masim”Vavai”Sugianto, praktisi dibidang “Open Source” dan juga seorang pengusaha muda menutup materi di hari pertama dengan sajian Blogpreneur. Mas Vavai berhasil memukau para peserta dengan memaparkan pengalaman-pengalamannya selama ini dalam bidang Blogpreneur.

Inilah cerita saya sendiri di hari ke-2 Blogilicious Milad Jakarta

Eyang Anjari, Frenavit, dan Rd Ajeng

Didepan saya kemudian berbicaralah dengan semangat Eyang Anjari yang senang berbagi, suhengnya blogdetik yang menjadi salah satu pemandu acara idblogilicious Jakarta ini. Saya gak tau materi apa, namun pastinya itu bagus sekali dan menarik (sok tau, gpp biar dikatain menyimak :p ). Ada juga Mbak Ajeng yang katanya ngeblog sejak 2007 dan sudah mahir SEO, wah saya akan mendapat ilmu nih :). Eh, dia ini kerja utamanya blogger dan sampingannya dosen Fak. Kedokteran, lho??? HEBATTTT . 

Saya kaget, ternyata sahabat lama saya ngeblog dan di facebook ternyata jadi pemateri. Jauh-jauh dari Surabaya beliau dateng ke Jakarta hanya untuk Blogilicious katanya, DAHSYAT!!! Frenavit, yang saya kenal justru sebagai blogger touring ternyata seorang master blogger bidang Security loh :). Sebarapa penting sih security blog bagi kita para pemaen SEO dan mlog monetize? mari kita simak penjelasan mas frenavit ini : “security itu seperti bagaimana kita menjaga rumah kita dengan pintu yang rapat, tidak memberikan celah orang lain masuk dengan niat jelek, apalagi ketika blog itu digunakan untuk menghasilkan uang, tentu sangat berbahaya”.

Pemateri Blogilicious Milad Jakarta

Sesi akhir, mbak cantik sang Director of Business di Idblognetwork.com yaitu Mubarika Darmayanti. Sosok ayu dan lembut (kata mas anjari loh) itu bercerita bagaimana bergabung di IDBlognetwork dan memaksimalkan blog untuk make money. Dijelasin juga bagaimana para blogger yang sudah meraup keberhasilan di IDBlognetwork.

 Akhirnya, seperti saya Ulas di BumiBlogger bahwa : “Blogger itu memang harus konsisten, namun penyakit tidak konsisten itu ternyata lebih banyak menyerang saya. Padahal, sebagai pengagas blogger sukabumi saya punya beban sangat besar bagaimana membesarkan komunitas ini.

Foto Bersama peserta dan panitia di hari ke-2 

Maka Harapan Saya adalah : “Memang selalu ada moment pengingat, IDblognetwork bersama DeBlogger yang mengadakan Blogilicious sekaligus Milad Deblogger yang kedua mengundang bumiblogger untuk turut serta meramaikan acara dan hadir di Telkom jakarta Selatan di acara Idblogilicious Jakarta. Tentu ketika ketemu kawan2 kembali saya ditagih untuk merealisasikan Blogger Camp yaitu Mas Anjari.(BumiBlogger.Com)” 


Dibuang Sayang


Inilah oleh-oleh dibuang sayang dari acara Blogilicious Jakarta serta Milad Deblogger. “eh iya, selamat Milad Depok Blogger yang ke-2 yah 😀 moga bisa terus berkiprah di blogosphere Indonesia 😀

Acara ini juga merupakan ajang kangen-kangen sesama blogger lho, selain karena dah janjian di timeline seperti yang saya lakukan dengan mas kukuh tw sang owner IDBlognetwork dengan nama acount @kukuhtw, juga ada @ceritaeka yang membirukan acara, dan tentunya mas bradley sang maestro acara sekaligus sohibul bait yang mengundang saya.

Mbak Eka diskusi hangat dg Mubarika

Sampai jumpa di Blogilicious tahun depan (kalo ada ya hehehe )

credit :
beberapa foto saya “comot” dari facebook Priyadi, Mubarika, Daeng Amril Tg dan Risa Amrikasari
beberapa artikel jadi sumber tulisan karena saya tidak hadir di hari pertama, special thanks to Isnuansa.com, Daengbattala.com, Bumiblogger  dan PerempuanIndonesia.Org. 

21 Comments