Mengawal Desa Informatif di Sukabumi

Ketua Komisariat Pustikom Persada – Kalapanunggal dikukuhkan oleh RelawanTIK Sukabumi
Tak terasa sudah 1 bulan sudah terlewati, komisariat keempat dari Relawan TIK Sukabumi di Kalapanunggal resmi dikukuhkan. Komisariat Pustikom Persada disiapkan sebagai basis relawan untuk mengawal IT di pedesaan melalui penguatan pemerintahan desa dan pendidikan melalui pembelajaran berbasis multimedia.
Tim RelawanTIK Sukabumi, DemiT Ciamis dan Onno W Purbo
Peer yang masih tertunda bagi RelawanTIK Sukabumi yakni mengawal secara penuh 300 lebih desa di Kabupaten Sukabumi setidaknya 13 diantaranya sudah terbayar, walaupun dari ketigabelas desa tersebut baru 5 yang benar-benar siap untuk menghadirkan website desa yang informatif.
RelawanTIK Sukabumi sudah sejak setahun yang lalu merencanakan target tahun 2015 untuk mewujudkan minimal 100 desa yang melek IT melalui keberadaan web desa di Kabupaten Sukabumi. Tentunya target yang penuh tantangan, mengingat dukungan pemerintah akan program ini sangat jauh dan sulit diharapkan. Namun, dukungan komunitas dan pihak swasta yang peduli terhadap kemajuan pedesaan tentunya menjadi semangat bagi RelawanTIK Sukabumi untuk dengan sekuat tenaga mewujudkannya.
pendampingan Desa Muaradua sebagai Desa Melek IT pertama di Kab Sukabumi
Keberadaan Desa Melek IT sudah menjadi kebutuhan tersendiri di era informasi yang global saat ini, ditambah lagi, amanat UU Desa tahun 2014 untuk mewujudkan desa yang mandiri, transparan dan akuntabel dalam pengelolaan keuangan dan potensi desa-nya tentu perlu sentuhan IT agar pelaksanaannya dapat efektif dan efisien.
Desa sebagai wilayah yang menjadi pemerintahan terkecil dari sebuah negara, dan memiliki kewenangan yang independen dalam pengelolaan serta pemilihan Kepala wilayahnya sehingga sejak jaman dulu untuk menentukan pemimpinnya selalu melalui pemilihan yang jujur, adil, langsung, bebas dan rahasia.
Peran komisariat di sebuah kecamatan menjadi penting untuk mengawal pendampingan Desa dibidang TIK, karena sumberdaya manusia dibidang TIK saat ini masih belum merata, apalagi di daerah yang dari segi pendidikan umum saja banyak tertinggal dari daerah kota. Sehingga, perlu ada pihak ketiga yang menyiapkan sumberdaya yang akan mendampingi desa untuk lebih informatif.
3 Comments