Planet yang saya singgahi

Ada 3 planet yang sering saya singgahi. Kenapa ada 3? karena yang satu, planetnya penuh dengan manfaat yang dapat saya ambil dan sepertinya menjadi planet trendsetter di blogosphere ini. Planet yang kedua sebenernya tak kalah bermanfaat, cuman emang sih lebih rendah grade-nya dibanding yang pertama, kelebihan dari yang ketiga?yang kedua ini lebih heterogen dan multi banget dech informasinya, kesamaan dengan yang ketiga?sama sama ada dunia saya disana. Planet yang ketiga adalah planet yang sedang berkembang dan semoga akan mampu sejajar dengan planet – planet lain di belahan dunia sana.

Planet apa sih?
Menurut bisikan ghaib dari web planetplanet, planet adalah “Planet is an awesome ‘river of news’ feed reader. It downloads news feeds published by web sites and aggregates their content together into a single combined feed, latest news first“. Artinya apa?embuh aku juga nggak tau, silahkanyang tau kasih komen, nanti aku masukin sebagai editan 😛

Terus?
Oh iya, setelah aku lirik kanan lirik kiri, maka ketemulah dengan info menarik tentang apa sih planet dengan bahasa manusia indonesia ini? menurut seseorang yang menulis di alamat ini, planet alias web agregator adalah >>> berasal dari istilah Agregator itu atau disebut juga pengagregat :) . Agregat itu, menurut definisi sebuah buku Komunikasi, adalah kumpulan yang tidak harus satu tipe, berbeda dengan group yang umumnya memiliki kesamaan karakteristik. Agregator itu layanan web yang membacai feed berbagai content web (berita, blog, gambar — semua yang memiliki feed), dan menyajikannya kepada kita sebagai satu halaman. Tujuannya adalah memudahkan dan mempersingkat waktu membaca content yang kita butuhkan atau kita favoriti. Agregator yang cukup sering disebut di Indonesia adalah Planet Terasi, yang merupakan agregasi blog teknolog, incl technojunk (meeeee). Beberapa CMS telah disiapkan untuk agregasi, termasuk CMS Planet (in Python), Gregarius (in PHP), dan beberapa plugin WordPress. Layanan seperti Tumblr dan Jaiku juga memungkinkan kita membuat semacam agregator, biarpun kelihatannya ownernya tak terlalu suka kita gunakan layanan mereka hanya sebagai agregator. Yang kena tulisan miring itu kopi paste dari alamat diatas, sedangkan planet terasi itu adalah planet yang saya bilang pertama itu.

Mau tau yang kedua dan yang ketiga?
planet yang pertama adalah planet kronologger sedangkan planet yang ketiga adalah planet seruit. Eh, jangan lupa mampir juga kesana yah!