Semuanya Tentang By.U di Sukabumi : Provider Indonesia yang Serba Digital bisa pilah-pilih semaunya

by.U mengusung konsep semuanya bebasin kamu memilih dan memilah semaunya, dari mulai kuota, topping, nomor handphone, cara dapetin simcard, sampe cara bayarnya dalam satu aplikasi saja.

https://id.wikipedia.org/wiki/By.U

Sebagai Blogger yang tinggal di Sukabumi, saya paling rewel urusan keberadaan signal dan ketersediaan kuota dalam gawai yang mampu menjaga mood saya saat kerja online, maklum saat ini saya menyandang status pekerja lepas atau bahasa kekiniannya prilen (freelance) yang kebanyakan mendapatkan kerjaan bersumber dari gawai. Tentunya ini berakibat saya harus on setiap saat, bahkan saat saya mesti pulang ke rumah di sebuah desa yang berada di ujung selatan Sukabumi. 

Kebutuhan Digital ini membuat saya mencari-cari provider seluler apa yang cocok untuk saya yang serba digital dari mulai kebutuhan transportasi, akomodasi, konsumsi dan bahkan bagaimana cara mengisi periuk nasi. Dari berbagai informasi, tersebutlah sebuah Provider Indonesia yang dilahirkan dari rahim telco no. 1 di Indonesia yang terkenal dengan Jaringan terkuatnya yaitu Telkomsel, dialah By.U yang mengaku sebagai provider serba digital pertama di Indonesia dengan tagline Semuanya Semaunya. Apaan tuh? yuk kita simak cerita pengalaman saya, Semuanya tentang By.U khususnya pengalaman menggunakan di Kota dan Kabupaten Sukabumi, yang katanya bisa pilahpilih Semaunya.

By.U apa sih? 

By.U menurut Wikipedia sih asalnya benama hΓΌp!, lalu berubah menjadi by.U karena mengusung konsep semuanya bebasin kamu memilih dan memilah semaunya, dari mulai kuota, topping, nomor handphone, cara dapetin simcard, sampe cara bayarnya dalam satu aplikasi saja. Coba kita simak satu-satu dari semuanya ini apa aja yang semaunya. 

eh, btw gimana sih cara mendapatkan kartu perdana aka Simcard by.U ini? karena kalo kita muter-muter di counter gak ada tuh dijual, atau karena induk perusahaannya Telkomsel, kita cari di Grapari pun kayaknya gak bakal ada, lakadalah ternyata emang krn serba digital, kita cukup pake gawai aja.

Begini Cara Mendapatkan Kartu Simcard by.U, untuk mendaptkan paket simcard by.U maka kamu harus memulai dengan search by.U di playstore android atau Appstore iphone. lalu unduh App di gawai kamu. Eh, biar runut, saya coba urutkan satu per satu langkah-langkahnya ya:

  1. Unduh/Download App di Playstore or AppStore
  2. Registrasi Akun menggunakan Akun Facebook atau Akun Google
  3. Sukses membuat Akun, lalu lanjutkan dengan tahapan dari mulai memilih paket kuota, topping, nomor handphone, dapetin simcard hingga metode pembayarannya.

Cara Memilih Paket Kuota by.U, Nah, keseruan pertama dari provider ini adalah saat menentukan paket dasar dari kebutuhan apa yang cocok dan bakal kamu pilih untuk Paket Internet kamu tanpa dibagibagi atau kayaknya GEDE banget, padahal aslinya cuma seuprit. 

Pilihannya beragam, mulai dari yang bikin deket, bikin nempel, bikin nagih sampe bikin yaqien bebas semaunya kamu pilih, saya sih pilih yang bikin nagih, karena pengen tau apa saya bakal ketagihan gak makenya? 

Kuota Internet,  Paling sebel kalo udah kehabisan Kuota Internet, jaman sekarang emang lebih pusing kehabisan kuota daripada kehabisan duit di dompet atau rekening tabungan, yah setidaknya kalo masih punya kuota, saat habis duit masih bisa nyari cara, misal nagih utang, minjem dulu, nyairin invoice, dengan menghubungi sodara, sahabat maupun kolega lewat kuota internet yang masih tersedia. kalo gak dapet juga? yaudah hiburan dulu pake paket internet dengan cara buka youtube, chitchat di socmed, atau maen games online di hp selular kita.

Akhirnya saya memilih paket kuota 10Gb senilai Rp. 50.000, aman karena kuota gak dibagi-bagi, semua 10Gb itu terpakai. 

Cara Memilih dan Memilah Topping, Setelah memilih paket dasar, kamu bisa langsung bayar dan ceckout ke langkah selanjutnya sebetulnya, cuman kalo saldo kamu banyak, misal kayak saya baru isi sado uang digital Rp. 100.000 makanya saya coba milih-milah topping yang cocok dengan kebutuhan digital, yang saya pilih untuk kebutuhan Whatsapp, Instagram dan Youtube. Topping ini boleh dibeli barengan pas milih paket dasar, atau setelah nomor diaktifkan. 

Cara Memilih nomor handphone by.U, Sebetulnya kita gak memilih nomor langsung atau menentukan nomor sendiri, akan tetapi kita diberikan pilihan sebanyak 5 nomor yang muncul random setiap 5 menit waktu yang diberikan untuk kesempatan berpikir lalu memutuskan nomor mana yang mau dipilih, dan saya memilih nomor paling cocok yaitu berujung angka 43  sebagai nomor keberuntungan. 

Cara Mendapatkan Simcard by.U, setelah nomor dipilih, kita bakal dikasih pilihan yang unik dalam mendapatkan simcard, bukan ke counter, gerai atau toko, kita dikasih 2 opsi pilihan yaitu dikirim ke rumah/kostan/kantor melalui pengiriman gratis JNE ke seluruh pelosok Indonesia, menurut pengalaman teman-teman saya semua kecamatan di Kota dan Kabupaten Sukabumi bisa nyampe loh, dari ujung Sagaranten sanah dekat perbatasan Cianjur, hingga di Selatan Ciracap tempat rumah saya pun bisa, dan bisa juga di booth pameran tim By.U di Sukabumi, tempatnya berpindah-pindah tapi bisa ditanyakan via aplikasi dengan cantumkan lokasi #sukabumi, pas awal-awal sih ada booth di Citimall, lalu kini ada di Sukabumi Indah Plaza lt. 1 deket gerai McD jl RE Martadinata, Kota Sukabumi. 

Cara Membeli dan Membayar Kartu Simcard by.U, saking digitalnya, kayaknya ini yang paling beda dan cocok banget dengan kaum Gen Z yang terbiasa cashless. Membeli paket by.U bisa dengan berbagai cara pembayaran online, bisa pake OVO, Gopay, LinkAja atau bisa juga via kartu Kredit atau Indomaret. 

Saya memilih pembayaran LinkAja sebagai Metode Pembayaran karena saya punya stock saldo Rp. 100.000 di akun LinkAja yang bisa saya belanjakan untuk beli paket maupun topping pilihan. Dan, Voila! akhirnya sukses transaksi, saya tinggal mengambil nomor by.U yang sudah saya pesan ke booth.

Cara Registrasi dan Aktivasi Kartu SIM Card by.U, ada lima tahapan yang harus kamu tempuh hingga kartu kamu aktif dan siap pakai:

Step Pertama, masukan SIM Card by.U ke gawai.

Step kedua, pastikan internet gawai terhubung ke jaringan by.U

Step ketiga, buka aplikasi yang sudah diinstall dan registrasi akun, lalu β€œklik aktifkan card”

step keempat, masukan nomor NIK/KTP kita dan KK

  • Step kelima atau terakhir, yeaaah aktivasi berhasil! 

Begitulah langkah-langkah aktivasi SIM card by U yah gaeees.

Whats next

Kita lanjut cobain bagaimana kecepatan Jaringan by.U dengan jaringan Telkomselnya di beberapa titik. Secara umum saat saya test menggunakan speedtest ruhaycloud.com/speedtest rata-rata by.U mendapatkan kecepatan yang lumayan kenceng, kecuali ada beebrapa titik memang blank spot. 
Secara umum, Jaringan by.U ini sudah mengcover 4G di semua wilayah, bahkan bila ada signal 5G, Jaringan by.U 5G ini bisa digunakan.

Test Kecepatan by.U di wilayah Kabupaten Sukabumi

Test Kecepatan by.U di wilayah Kota Sukabumi

Jadi, itu fakta lapangan signal jaringan by.U oleh Telkomsel di Sukabumi. 

Terakhir, kita akan mencari tahu Kelebihan dan Kelemahan dari provider by.U ini biar teman-teman tahu kondisi real dari pengalaman yang saya dapatkan selama menggunakan by.U di Sukabumi. 

Kelebihan Provider by.U

  • Serba Digital, Serba digital ini terjadi dalam semua hal mulai dari proses pemesanan, pengiriman, aktivasi hingga pembayaran full digital, bahkan saat kita mau melakukan keluhan semua dilayani digital
  • Banyak Pilihan, Kamu diberi banyak pilihan dari awal memilih kuota berapa sebagai dasarnya, milih nomor yang digunakan dengan banyak pilihan, milih cara pengambilan kartu, milih topping yang cocok untuk dibeli, serta kebebasan memilih melakukan pembayaran pake channel2 payment.
  • Provider Anti Mager, proses dr mencari info tentang by.U kemudian install aplikasi serta aktivasi dilakukan tanpa harus gerak, percis buat kaum rebahan yang males gerak, ini menjadi kelebihan, cuman klakklik kartu datang sendiri ke rumah dan siap pakai.
  • Kuota utuh gak dibagi-bagi, ini memang penting bagi pengguna saat membeli kuota sesuai yang dipake, kadang provider suka memainkan emosi pelanggan dengan jualan gimmick kuota, yang seakan-akan besar namun dapetnya cuman seuprit, di by.U kita membeli sesuai kuota, 5Gb yah dapat segitu, 10Gb yah semuanya kita gunakan semaunya. 
  • Banyak Fitur Gratis, coba dicek, dari mulai gratis ongkir saat kartu dikirim, gratis dengerin musik dengan fasilitas mixtape, sampe gratis kuota hanya dengan ngajak kawan dan sodara unduh dan aktivasi simcard, kita bisa dapet gratisan kuota hingga ratusan Giga dengan program RichGiga.

Kelemahan Provider by.U

  • Kurang cocok untuk generasi yang belum berpindah kebiasaan serba digital
  • Kesulitan saat pengen konsultasi secara langsung/offline sehingga sangat tergantung dari channel online untuk berkeluhkesah tentang kartu.\
  • Proses yang lama, ini memang karena tidak ada interaksi langsung seperti beli kartu perdana biasa, orang tidak bisa datang langsung ke counter dan langsung aktifkan nomor dan pakai.

Sebagai pelengkap provider yang mengaku semuanya dipersembahkan kepada user semaunya, maka tentu ada program-program yang ditawarkan sebagai program promonya yang tak kalah seru dibanding program utamanya, apa aja? coba kita simak dibawah ini:

  • Dengerin musik di Mixtape by.U tanpa dipotong kuota, kita bisa menikmati playlist random mixtape harian di aplikasi by.U 
  • Free Ongkir pengiriman Simcard by.U se-pulau jawa.
  • #RichGIGA 2GB, yang mana kamu bisa dapetin kuota sebanyak-banyaknya dari mengajak teman, sodara, tetangga dan kawan-kawan untuk mengunduh app hingga nomor aktif, maka kamu bakal dapet bonus 2GB tiap 1 aktivasi dengan masa aktif 7 hari, kebayang kalo kamu bisa dapetin 100 orang, kamu bisa dapetin 200GB kan? cukup buat setahun tuh, xixixixi.

Jdi, gimana? kini semua terserah kamu, semuanya semaumu. stand by U

7 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *