Seri Mengenal Blogger Indonesia : Dari Sabang Sampai Merauke

Masih dalam rangka gegap gepita kemerdekaan, dan juga agar kita lebih mengenal saudara kita sesama warga Indonesia yang beragam ini. Maka Saya akan mencoba mereview sejauh mana blogger Indonesia berkiprah, dan siapa sajakah mereka. Tulisan ini terinspirasi rasa kekecewaan atas penyelenggaraan Pesta Blogger 2008 yang “ternyata” hanya diadakan dan dirasakan di Indonesia “sebagian” yakni Jawa dan Bali, Hei! apakah Indonesia itu hanya itu? saya justru inget tulisan bang BudiPutra bahwa Indonesia is Not Just Bali and Jogja! yeah saat itu Budiputra menuliskannya pada blog wisata Sumatera Barat yang kini entah kemana.
Menurut sumber dari Wikipedia Indonesia, maka Wilayah Indonesia adalah :

Wilayah Indonesia terbentang sepanjang 3.977 mil di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Luas daratan Indonesia adalah 1.922.570 km² dan luas perairannya 3.257.483 km². Pulau terpadat penduduknya adalah pulau Jawa, di mana setengah populasi Indonesia hidup. Indonesia terdiri dari 5 pulau besar, yaitu: Jawa dengan luas 132.107 km², Sumatra dengan luas 473.606 km², Kalimantan dengan luas 539.460 km², Sulawesi dengan luas 189.216 km², dan Papua dengan luas 421.981 km². Batas wilayah Indonesia searah penjuru mata angin, yaitu:

Dari situ kita tahu bahwa Indonesia itu sebuah Negara yang sangat luas, dan terdiri dari berbagai suku bangsa. Indonesia juga ternyata punya yang namanya Pulau – pulau Besar seperti Sumatera, Kalimantan, Papua dan Sulawesi yang jauh lebih besar dibanding Jawa dan Bali. Jadi masih mikir Indonesia itu Jawa dan Bali?
Ok kita lanjutkan, Indonesia pun ternyata memiliki provinsi yang sangat banyak, mulai sabang sampai merauke, dari sangihe sampai talaut. Lagi – lagi saya mengambil sumber sejarah wikipedia bahwa Indonesia memiliki 33 provinsi yaitu :
Provinsi di Indonesia dan ibukotanya (sumber Copas dari Wikipedia Indonesia)
Sumatra

Jawa

Kepulauan Sunda Kecil

Kalimantan

Sulawesi

Maluku

Papua

Begitulah Indonesia yang telah merdeka 63 tahun yang lalu itu kawan, begitu banyak, luas dan sangatlah beragam. Saya teringat iklan orang Pariwisata dalam rangka Visit Indonesia year, Kenali Negerimu Cintai Negerimu. Inilah Negeri Kepulauan, bukan “hanya dua pulau” loh, tapi ratus ribuan Pulau! KEPULAUAN.
Dimanakah mereka Blogger Indonesia?bila kita lihat informasi diatas, mari kita telusuri satu persatu keberadaan mereka, dan apa saja yang telah mereka lakukan untuk Indonesia kita tercinta. Ok, ini pengantar dari saya, semoga menjadi pemikiran kita bersama tentang Blogger Indonesia
2 Comments