WORK from HOME | 9 Tips #dirumahaja tetep menghasilkan uang!

Corona Virus makin menakutkan, warga dunia Saat ini dilaporkan sudah terjangkit virus sebanyak 1 juta orang lebih dan mematikan 50 ribu orang. Ini diperkirakan belum puncaknya, walo di negara asalnya penyebaran virus, saat ini kurva menuju penurunan orang yang tertular baru.

Hampir semua Pemerintahan di tiap negara mendorong warganya untuk Bekerja dari Rumah atau yang populer dengan istilah Work from Home (WFH) bakal bukan hanya bekerja, semua kegiatan didorong untuk dilakukan dari rumah, Bekerja, Belajar dan Beribadah diharapkan agar semua orang melakukannya di rumah.

Tapi, hidup harus berlanjut, artinya ekonomi keluarga harus tetap berdenyut dan dapur harus tetep ngebul, serta makanan harus tetap tersedia di meja makan untuk keluarga.

Work from Home mendorong orang #dirumahaja tapi perut mendorong orang untuk tetep menghasilkan uang agar bisa membeli kebutuhan sehari-hari mulai dari pangan, pakaian dan kebutuhan-kebutuhan tambahan yang mulai jadi kewajiban seperti Popok, Susu Formula, Listrik dan bahkan Quota Internet yang justru jadi modal dasar untuk Bekerja dari rumah saat #dirumahaja.

Lalu bagaimana agar bisa tetep menghasilkan uang/pendapatan atau menghasilkan sesuatu yang bisa jadi sumber makanan, sumber kehidupan dan sebagainya selama #dirumahaja, sehingga tetep bisa Work from Home alias tetep kita harus Bekerja dari Rumah karena di luar rumah sudah tidak aman lagi?

Berikut akan saya sampikan beberapa tips tetep menghasilkan (produktif) saat #dirumahaja sehingga bisa tetep Bekerja dari Rumah, simak beberapa caranya:

  1. Berjualan Secara Online, cari apa yang bisa dijual, atau lakukan produksi atau membuat sesuatu yang bisa dijual secara online, di jual online ini bisa dengan cara promosi di status WA, instagram, status Fb atau bisa juga dipajang di website pribadi dan toko online.
  2. Berkebun di Rumah, apalagi punya lahan yang luas, lahan sempit juga tetep bisa berkebun, apalagi saat ini trend hidroponic yang tidak terlalu membutuhkan ruang yang luas, dan mudah dipelajari. dari kebun ini minimal kita bisa untuk kebutuhan sendiri untuk makan, lebihnya bisa dijual ke tetangga, bahkan dijual ke banyak ornag, misal via online atau dari mulut ke mulut.
  3. Mengelola Blog, Blogger pasti udah paham kalo soal ini, apalagi yang udah konsisten mengelola dan update blog, dari blog ini bisa menghasilkan uang mulai dari gak seberapa bahkan bisa sampe jadi milyarder gara-gara mengelola blog dan hasilkan uang.
  4. Buat Channel Youtube, bukan rahasia lagi trend jadi youtuber lagi naik daun, nah saat pandemi Corona ini makin seru jadi Youtuber, membuat karya-karya video dari rumah atau di sekitar rumah menjadi sangat seru, lihat aja misalnya Ruben Onsu yang walo #dirumahaja tetep punya segmen khusus di stasiun TV, yah kalo si Radityadika sih emang udah biasa Work from Home, secara kalo dilihatkan Rumah dia udah kaya Studio.
  5. Jadi Programmer, yang bisa maenan coding di rumah aja dengan laptop dan atau PC, bekerja remote dari rumah sejak sebelum rame-rame Corona sampe saat ini dipaksa kerja di rumah, mereka makin asik dan seru Bekerja dari Rumah.
  6. Freelancer Desain, ini sudah lama sebetulnya banyak orang menggantungkan hidupnya dari membuat desain dari mulai Logo, bahan promosi, hingga website yang dikerjakan dari rumah, cukup daftar di beberapa situs yang menawarkan aneka job freelance yang bertarif dollar, apalagi saat ini dollar lagi mahal-mahalnya kan.
  7. Instruktur Online, karena harus belajar juga dari rumah, menjadi guru, pelatih, instruktur harus serba online, Workshop-workshop online kembali ramai diikuti orang baik berbasis Wa Group, telegram group atau yang lebih serius semacam Ruang Guru, zenius, Udemy, bahkan berbasis Meet Google digunakan orang, bisa bertarif atau ngandelin popularitas aplikasi, ada saja cara bisa menghasilkan fundi-fundinya.
  8. Influencer, ini bisa jadi selebgram, selebtwit atau pemilik fanspage yang diikuti ratusan hingga jutaan orang, tentu iklan targetnya atau minimal dapet endorse dari mulai brand gede hingga tetangga rumah yang butuh promosi.
  9. Admin Social Media, kebutuhan update social media bagi perusahaan atau pelaku usaha sangat penting saat ini, ini peluang untuk menawarkan diri menjadi adminnya dari rumah, supply content, kita mengelola secara maksimal dari mulai posting, komentar, berinterkasi dan sebagainya, sehingga akun social media tetep eksis dan punya content terkini.

Sebetulnya mungkin ada banyak cara lain dan kegiatan lain yang menghasilkan, namun yang terpikirkan baru itu saja, bila pembaca yang terhormat ada ide atau sedang melakukan hal lain selain di 9 tips #dirumahaja tetep menghasilkan uang, boleh sebutkan di komentar ya, semoga bermanfaat.

6 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *