6 Poin yang Menjadikan Blog Personal Layak Monetize

Menurut pengamatan sesaat dikala sempat saya, maka blog yang mampu menyedot pengunjung dengan kemampuan interaksi yang tinggi adalah blog personal atau blog yang digunakan untuk kegiatan personal blogging, nah blog personal ini memiliki kecenderungan interaktif karena serasa langsung ngobrol sama yang empunya, dengan mengenal jelas si empunya langsung. Blog Personal juga lebih mudah untuk dikelola karena ia bersifat personal alias tidak terpengaruh oleh faktor - faktor luar. Blog Personal merupakan refresentasi pemilik yang akan menceritakan langkah demi langkah pengalamannya, apa yang terjadi dengan kesehariannya, dan segala curhatan yang akan menarik pengunjung untuk memberikan respon baik positif maupun negatif.

Ini sekedar Analasis sederhana tanpa menggunakan panduan ilmiah, atau pun melalui serangkaian penelitian yang akurat, apalagi dengan metode yang sahih. Analisis ini menggunakan metode praduga tak bersalah, dan pengamatan disaat sempat. Ok langsung meluncur ke topik, topik dalam artikel ini yakni bagaimana sih blog yang ber potensi untuk di monetize aka di bikin mampu mengalirkan uang ke dompet sipemilik?

Pertanyaan diatas merupakan sebuah hipotesis sederhana untuk mengetahui blog seperti apa yang memiliki potensi untuk dimonetize sehingga selanjutnya selain dapat menghasilkan uang, juga berpotensi menjadi sebuah blog bisnis online dan netwok bisnis blogging .

Blog potensial adalah blog yang memiliki kelebihan - kelebihan seperti enak dibaca, mudah diakses, disambut hangat, di sapa bahagia, di terima dengan akrab, diajak bicara dari hati ke hati. Inilah model sentuhan pribadi dalam menghargai pengunjung yang berakibat sipengunjung merasa betah, merasa ingin kembali, bahkan akan berlangganan tanpa diminta. Blog potensial adalah blog yang memberikan panduan untuk melangkah, memberikan solusi dikala nyangkut suatu masalah, memiliki problem solfing yang sederhana dengan berdasar pengalaman pribadi. Blog potensial adalah blog yang mampu merangkul pengunjung menjadi komunitas yang tentunya menjadi pelanggan potensial.

Buktinya apa?
Musti aku sebut? contohnya banyak sih, di luar negeri misalnya, blog personal JohnChow mampu menjadi blog besar dunia yang akhirnya mampu mendulang dollar yang cukup tinggi melebihi pendapatan sebuah corporate , atau blognya CosaAranda yang versi lokal Indonesia ini mampu menjadi 30 blog ber-trafik tinggi versi alexa, dan Budiputra, yang mampu jualan iklan di blog pribadi seakan-akan mau nyaingin detik.com dengan pengunjung rata-rata 2000 - 3000 visit. Mau contoh yang lain? banyak banget sih tapi aku belum sempat, kalo blog aku yang ini gimana?

Dari Pemaparan diatas, bisa dirumuskan 6 Poin yang menjadikan Blog Personal menjadi Blog yang Potensial untuk dimonetisasi secara Profesional. Menurut pribadi saya pointnya adalah sbb :

  1. Mulai dari Personal Blog, kalo mau start dari nol, jadilah blog yang personal;
  2. Sentuhan Personal, lakukan sentuhan - sentuhan personal dengan daya pikat profesional;
  3. Pengunjung adalah mitra, jadikan pengunjung anda kawan yang bisa jadi teman dan mitra kerja sekaligus
  4. Layani secara Profesional, pelayanan itu misalnya dalam menjawab komentar, lakukan dengan jawaban personal dan layani secara profesional layaknya customer service;
  5. Berceritalah, berceritalah apa adanya blog anda, dan ceritakanlah suka duka sebagai blogger ataupun problogger.
  6. Berbagilah,  jangan sungkan untuk berbagi dan memberikan yang terbaik bagi pengunjung, kalo menurut kamu itu menarik dan rasa pengen tinggi bagi kamu, tentunya bagi yang lain pun demikian.

JAdi? Menurut pribadi saya untuk untuk menjadi Blogger profesional yang mampu memonetisasi Blognya adalah "Be a Personal Blog, do Profesional Blogging!" Do You?

Abah Oryza bercita - cita menjadi Blogger Profesional namun masih belajar dengan blog personalnya, bergiat di komunitas BumiBlogger aka Blogger Sukabumi. Dan mencoba menggagas Ngeblog Profesional bareng AbahOryza.com. Sehari - hari menjadi Blogger fulltime tanpa penghasilan utama dari Blog.

4 Comments