Cerita tentang Oryza Sativa tanpa L

Cerita kali ini saya mau angkat tentang nama Oryza Sativa, namun ini bukan tentang nama latin Padi yang bernama Oryza Sativa L (https://id.wikipedia.org/wiki/Padi) yang mana kalo dalam bahasa Latin, Oryza ini nama Genus dan nama species dari Padi ini O. Sativa, atau yang dalam bahasa latin Oryza Sativa L. 

Oryza Sativa yang ingin saya ceritain adalah nama dari kedua anak saya yaitu Oryza dan Sativa. Nama ini awalnya mau diberikan untuk 1 nama, namun belakangan saya kepikiran gimana kalo namanya tergantung jenis kelamin anak saya nanti, jadi kalo anak saya Laki-laki akan saya kasih nama Oryza, dan kalo peremuan akan saya kasih nama Sativa, begitulah obrolan saya dengan istri saya dulu di tahun 2005 saat akan punya anak. 

Lalu lahirlah bayi laki-laki pada tanggal 4 Juni 2006 yang dinamai Oryza, dari situ juga muncul ide untuk menggunakan nickname abaoryza untuk semua akun saya di internet sebagai rasa bangga menjadi abah bagi anak bernama oryza. 

Sedangkan Sativa muncul setelah saya punya anak perempuan yang lahir di bulan September di tahun 2019. Nama ini saya berikan karena janji saya sejak awa bahwa bila punya anak Perempuan ingin saya beri nama Sativa, untuk melengkapi nama Oryza yang sudah saya sandingkan kepada anak laki-laki saya.

Demikian tentang Oryza Sativa ini, yang merupakan doa bagi keduanya agar kelak saat dewasa bisa mengikuti ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, atau ada rasa rendah hati saat mereka berdua nanti diberi kelebihan dan kelapangan, makin berilmu makin tawadzu, makin memiliki harta makin sederhana dan tidak sombong. 

10 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *